Teknologi Laboratorium Medik (Analis Kesehatan)

Apa itu Teknologi Laboratorium Medik (Analis Kesehatan)?

Teknologi Laboratorium Medik adalah sebuah program studi yang mempelajari tentang bagaimana cara menjadi seorang tenaga kesehatan dan ilmuwan berketerampilan tinggi yang akan berkecimpung di sarana kesehatan yang melaksanakan pelayanan pemeriksaan, pengukuran, penetapan, dan pengujian terhadap bahan yang berasal dari manusia atau bahan bukan berasal dari manusia untuk penentuan jenis penyakit, penyebab penyakit, kondisi kesehatan atau faktor-faktor yang dapat berpengaruh pada kesehatan perorangan dan masyarakat. Sarana kesehatan ini berbentuk Laboratorium Kesehatan seperti Laboratorium Patologi Klinik yang memeriksa sampel berupa cairan-cairan tubuh manusia seperti darah, sputum, faeces, urine, liquor cerebro spinalis (cairan otak), dan lain-lain untuk mendapatkan data atau hasil sebagai penegakan diagnosa terhadap suatu penyakit. Cakupannya juga luas meliputi pemeriksaan mikrobiologi (bakteri), parasitologi (fungi, protozoa, cacing), hematologi (sel-sel darah serta plasma), imunologi (antigen, antibodi), kimia klinik (hormon, enzim, glukosa, lipid, protein, elektrolit, dll).

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Ini?

Tenaga kesehatan itu nggak melulu soal dokter lho, gaes! Seorang Ahli Teknologi Laboratorium Medik juga dibutuhkan untuk memastikan sebuah diagnosis dari penyakit-penyakit yang ada. Selain itu keterampilan yang dimiliki dalam menentukan penentuan jenis penyakit, penyebab penyakit, kondisi kesehatan atau faktor-faktor yang dapat berpengaruh pada kesehatan perorangan dan masyarakat, juga berguna bagi para dokter, perawat, atau tenaga kesehatan lainnya untuk lebih akurat menentukan tindakan yang tepat terhadap pasien.

\

Prospek Kerja Jurusan Teknologi Laboratorium Medik (Analis Kesehatan)

Lulusan Teknologi Laboratorium Medik dapat bekerja di di laboratorium Rumah Sakit pemerintah maupun swasta, laboratorium klinik, balai laboratorium kesehatan, laboratorium kesehatan daerah, Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), ahli kontrol kualitas di perusahaan makanan dan minuman, TNI/POLRI, dan lain bidang kesehatan yang berkaitan dengan laboratorium. Selain itu lulusan dari program studi ini juga dapat bekerja sebagai Penanggungjawab teknis dalam pelayanan laboratorium kesehatan, Peneliti dalam bidang laboratorium kesehatan, dan penyuluh dalam bidang laboratorium kesehatan (Promoting Health laboratory).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *