Pengambilan Sample SWAB

Pemeriksaan Swab

Pemeriksaan swab yaitu cara untuk mendapatkan sampel yang digunakan dalam metode PCR. Pemeriksaan swab menggunakan sampel lendir yang diambil dari dalam hidung atau tenggorokan seseorang. Sampel lendir yang diambil dengan metode swab akan diperiksa menggunakan metode PCR atau Polumerasi Chain Reaction. Hasil akhir dari pemeriksaan tersebut menunjukkan ada tidaknya virus corona dalam tubuh seseorang. Pemeriksaan menggunakan metode PCR membutuhkan waktu beberapa jam hingga beberapa hari untuk menunjukkan hasilnya. Ini tergantung pada kapasistas laboratorium yang digunakan untuk memeriksa sampel.

Prosedur pemeriksaan tes swab dan PCR PCR merupakan metode pemeriksaan untuk mendeteksi infeksi virus corona. Sehingga, pemeriksaan swab dan PCR adalah satu kesatuan. Berikut tahapan melakukan pemeriksaan swab:

1. Pasien diminta duduk di kursi

2. Tenaga kesehatan akan sedikit mendorong kepala pasien ke arah atas dan memasukkan alat berbentuk seperti cotton bud namun dengan ukuran yang jauh lebih panjang ke dalam lubang hidung

3. Alat ini akan dimasukkan hingga mentok ke bagian belakang hidung

4. Teknik swab dilakukan untuk menyapu alat tersebut ke area belakang hidung

5. Alat memiliki bagian ujung yang dapat menyerap cairan atau lendir yang terdapat di area tersebut

6. Alat akan berada di dalam area itu selama beberapa detik agar cairan terserap sempurna

7. Setelah itu, alat swab langsung akan dimasukkan ke tabung khusus dan ditutup

8. Kemudian tabung akan dimasukkan ke dalam wadah khusus dan selanjutnya dikirim ke laboratorium untuk dilakukan pemeriksaan menggunakan teknik PCR

9. Jika swab di hidung tidak memungkinkan, maka swab juga dapat dilakukan melalui tenggorokan

Mengenal Rapid Test Antigen

Tes antigen adalah tes imun yang berfungsi untuk mendeteksi keberadaan antigen virus tertentu yang menunjukkan adanya infeksi virus saat ini. Rapid test antigen biasanya digunakan untuk mendiagnosis patogen pernapasan, seperti virus influenza dan respiratory syncytial virus (RSV).

Namun, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) memberikan otorisasi penggunaan darurat (EUA) untuk tes antigen sebagai tes untuk mengidentifikasi SARS-CoV-2.

Tes antigen juga relatif murah dan dapat digunakan di tempat-tempat perawatan. Alat yang sudah diotorisasi ini juga dapat memberikan hasil diagnosis dalam waktu sekitar 15 menit. Namun, rapid test antigen umumnya kurang akurat dibandingkan tes virus yang mendeteksi asam nukleat dengan menggunakan polymerase chain reaction (PCR) atau disebut juga tes PCR.

Meski begitu, rapid test antigen atau disebut dengan swab antigen membantu menyaring orang-orang untuk mengidentifikasi mereka yang membutuhkan tes yang lebih pasti.

 

Bagaimana Cara Kerja Rapid Test Antigen?

Antigen adalah molekul yang mampu menstimulasi respons imun. Molekul tersebut dapat berupa protein, polisakarida, lipid, atau asam nukleat. Tiap antigen memiliki fitur permukaan yang berbeda yang dikenali oleh sistem kekebalan.

SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan COVID-19, memiliki beberapa antigen yang diketahui, termasuk nukleokapsid fosfoprotein dan spike glikoprotein. Rapid test antigen dapat mengungkapkan bila seseorang saat ini sedang terinfeksi patogen seperti virus SARS-CoV-2. Berbeda dengan tes PCR yang mendeteksi keberadaan materi genetik, rapid test antigen mendeteksi protein atau glikan, yaitu seperti protein lonjakan yang ditemukan di permukaan SARS-CoV-2.

Rapid test antigen bekerja paling baik ketika orang tersebut dites pada tahap awal terkena infeksi SARS-CoV-2, di mana beban virus umumnya paling tinggi. Tes ini juga bermanfaat untuk mendiagnosis orang-orang yang diketahui memiliki risiko besar untuk terpapar virus corona.

Selain itu, rapid test antigen juga digunakan sebagai tes skrining di mana pengujian berulang dapat dengan cepat mengidentifikasi orang yang terinfeksi SARS-CoV-2, sehingga tindakan pencegahan penularan infeksi dapat segera dilakukan. Namun, bila hasilnya didapati positif, dokter masih perlu melakukan tes PCR untuk memastikan diagnosis.

Sumber :

https://www.halodoc.com/artikel/swab-antigen-dan-rapid-test-antigen-beda-atau-sama

https://www.kompas.com/tren/read/2020/06/01/183200065/mengenal-tes-swab-corona–pengertian-tahapan-hingga-biayanya?page=all#:~:text=Pemeriksaan%20swab%20yaitu%20cara%20untuk,PCR%20atau%20Polumerasi%20Chain%20Reaction.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *